Kolak Ayam


Dalam suatu riwayat, di saat pelariannya di Desa Gumeno, Sunan Dalem jatuh sakit. Kemudian Beliau memerintahkan kepada penduduk agar mengusahakan obat supaya sakitnya bisa sembuh. Sebagian penduduk mencarikan obat kemana-mana, tetapi mereka tidak dapat menemukan obat atau orang yang bisa menyembuhkan Sunan Dalem. Di tengah kebingungan penduduk tersebut, Sunan Dalem mendapat petujuk dari Allah SWT lewat mimpi agar membuat suatu masakan untuk obat. Esok harinya Sunan Dalem memerintahkan semua penduduk supaya membawa seekor ayam jago dengan syarat masih berumur sekitar satu tahun atau jago lancur ke Masjid. Setelah mendengar perintah Beliau, maka segeralah semua penduduk membawa seekor ayam jago untuk dimasak dengan santan kelapa, jinten, gula merah dan bawang daun. Dimana setiap bahan-bahan tesebut mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Setelah masakan selesai, Sunan Dalem memerintahkan kepada penduduk Gumeno agar membawa ketan yang sudah dimasak. Pada saat itu bertepatan dengan Bulan Ramadlan sehingga ketika tiba waktu Maghrib (waktu berbuka puasa), Sunan Dalem dan semua penduduk berbuka bersama di Masjid. Akhirnya Sunan Dalem mendapat Hidayah, Mau’unah serta Inayah dari Allah sehingga Beliau sembuh dari sakit yang dideritanya setelah menyantap masakan tersebut. Masakan tersebut akhirnya dikenal dengan nama Sanggring atau Kolak Ayam.

Nama Sanggring berasal dari kata Sang yang artinya Raja/Penggedhe dan Gring yang artinya gering atau sakit. Jadi Sanggring artinya raja yang sakit. Prosesi memasak Sanggring yang pertama tersebut bertepatan pada tanggal 22 Ramadlan 946 H (31 Januari 1540 M). Sunan Dalem kemudian berwasiat kepada semua penduduk agar tiap-tiap tahun pada malam tanggal 23 bulan Ramadhan diadakan Sanggringan. Sebagai wujud rasa taqdim dan atas kepatuhan kepada beliau, maka warga Desa Gumeno selalu melanjutkan tradisi tersebut setiap tahunnya. Dan untuk tahun 1440 H ini merupakan pelaksanaan Sanggring yang Ke-494.

Sebelumnya Pelatihan Pramuwisata
Selanjutnya Malam Selawe

Suggested Posts

Wisata Alam Dan Edukasi Gosari (WAGOS)

Desa Wisata Sambipondok