Wahana Ekspresi Poesponegoro

Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) terletak di Jalan Jaksa Agung Supratpo. wahana ini kalau di lihat mirip rumah keong, unik. ditempat inilah anak-anak muda kreatif menumpahkan kreasi mereka. Disini ada juga hall untuk bermain sepatu roda didepan bangunan gedung, ada juga tempat kongko komunitas. Bangunan depan difungsikan untuk kegiatan seni dan budaya, gedung kedua lebih spesifik untuk olaraga indoor.

WEP mulai dibangun pada tahun 2014 tahap 1 (WEP 1) dengan anggaran Rp. 12,56 miliarr, sedangkan bangunan WEP 2 lebih besar di tahap kedua lebih besar dengan anggaran Rp 19 miliar. Bangunan WEP tidak menempel diatas permukaan tanah seperti bangunan lain, jika dilihat dari luar bangunan lebih mirip rumah panggung dengan tiang-tiang penyangga di bawahnya. Menurut Jaeruddin, gedung WEP berdiri diatas lahan bozem atau penampung air, fungsi kolam besar untuk menampung air hujan tetap dipertahankan sampai sekarang. ketika musim kemarau tidak ada airnya Tlogodendo dimanfaatkan warga sekitar untuk bermain bola , namun kondisi Tlogodendo sekarang sudah berbeda sudah ada dua gedung unik berdiri megah di atasnya. setiap hari minggu pukul 05.00-09.30 ada kegiatan minggu sehat yang diadakan oleh Jawa Pos dan Pemkab Gresik.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meresmikan gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) tahap II. Peresmian gedung yang megah tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sambari.Gedung yang terletak di belakang WEP tahap I, tepatnya di sebelah Selatan, konsepnya sama dengan pendahulunya, yaitu dibangun dengan dasar di atas tanah yang ditopang dengan menggunakan tiang-tiang beton. Konsep ini ternyata sangat bagus untuk mendukung pemanfaatan lahan yang sejak awal digunakan sebagai telaga penampung air hujan sementara sebelum dialirkan ke laut.

Alamat :
Jl. Jaksa Agung Suprapto, Sumursango, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Related Posts

Leave A Comment