Landmark Tugu Gajah Mungkur

Alamat : Perlimaan Petro, Kab. Gresik

Deskripsi Tempat :
Landmark Gresik paling baru yang satu ini adalah Tugu Rumah Gajah Mungkur. Sementara yang menyertainya adalah bentuk gajah. Landmark ini dibangun di sudut perlimaan Sukorame, Gresik. Ada dua sudut tempat landmark ini dibangun. Landmark pertama ada di sudut belokan Jalan Ahmad Yani menuju ke Jalan Usman Sadar. Dan landmark kedua ada di sudut atau jalan antara Jalan Dr. Soetomo dan Jalan Proklamasi.

Posisi kedua gajah itu pun juga berbeda. Gajah di landmark pertama posisinya membelakangi (memungkuri) jalan. Sementara gajah di landmark kedua menghadap ke arah jalan. Landmark gajah pertama ber-background rumah heritage Gajah Mungkur. Sementara landmark gajah kedua berbackground taman.

Patung tersebut memperlihatkan sebuah bentuk gajah dengan empat kaki yang disatukan atau bersambung menjadi dua. Patung itu masih memperlihatkan bentuk gajah karena masih ada penampakan belalainya.

Patung Gajah Mungkur tersebut mengambil replika dari patung dengan nama sama di rumah Gajah Mungkur di Jalan Nyai Ageng Arem-arem. Di halaman rumah megah bergaya kolonial itu berdiri sebuah patung gajah yang menghadap rumah dan membelakangi (memungkuri) jalan.

Related Posts

Leave A Comment