Wisata Gosari Raih Penghargaan Daya Tarik Wisata Budaya di Ajang East Java Tourism Award 2020

Obyek Wisata Gosari (Wagos) di Desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah berhasil meraih penghargaan sebagai Daya Tarik Wisata terbaik kedua dalam penyelenggaraan East Java Tourism Award 2020.

Penghargaan yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur tersebut diterimakan oleh Asisten III Pemprov Jatim Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno kepada Bupati Sambari Halim Radianto pada acara penganugerahan East Java Tourism Award 2020 yang berlangsung di Wisata Bahari Paciran Lamongan, Minggu (20/12/2020) siang.

Rasa bangga terpancar di wajah Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Betapa tidak, dipenghujung masa baktinya yang hanya kurang 2 bulan ini, beliau mendapat beragam penghargaan. Bupati Sambari menyatakan rasa bangga atas prestasi Wagos ini. Sebab, beberapa tahun belakangan ini banyak tumbuh berbagai obyek wisata baru di Gresik yang dikelola masyarakat dan pemerintah desa setempat.

Masyarakat, kata dia, tampaknya sadar bahwa dengan membangun berbagai obyek wisata sesuai kearifan lokal setempat akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami bangga atas komitmen masyarakat dalam pembangunan kebudayaan dan pariwisata guna memajukan desa dan kesejahteraan masyarakat desanya masing-masing. Kami berharap kedepan kebaikan ini terus dipertahankan dan ditingkatkan ,” ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya bersyukur atas kerja keras semua pihak semua komponen yang membawa Kabupaten Gresik meraih penghargaan ini. “Semoga ini bisa menjadi pemantik semangat untuk para pegiat wisata di Gresik guna selalu berbenah, bekerja keras dan menampilkan yang terbaik untuk membawa Gresik lebih mendunia,” ungkap Sambari.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik, AH Sinaga. Menurutnya, pencapaian yang diraih Wagos dari Ujung Pangkah ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Gresik. Sebab, Wagos yang dikelola oleh pemerintah desa ini mampu membangkitkan perekonomian warganya melalui pengembangan wisata alam dengan tema kebudayaan.

“Ini suatu prestasi besar utk objek wisata Wagos yang bisa merebut 2 besar bersaing dengan Monumen Tuguh Pahlawan. Kami sangat mengapresiasi pengelola Wagos yang telah sukses membawa obyek wisata andalan ini membangkitkan ekonomi masyarakat desa sekaligus menjadi kebanggaan warga Gresik,” terang AH Sinaga.

Setelah diterimanya penghargaan tersebut, Pengelola Wisata Situs Gosari Gresik Mishahud Dawam yang hadir mendampingi Bupati mengatakan, sejatinya Wisata Alam dan Edukasi Gosari (Wagos) mempunyai daya tarik wisata yang menawarkan wahana alam khas pedesaan dengan keindahan alam perbukitan kapur yang sangat mempesona.

“Namun demikian, Nuansa histori berupa kawasan peninggalan industri pengolahan gerabah era Majapahit menjadi nilai tambah tersendiri yang memberikan nilai edukasi bernilai tinggi,” ujarnya.

Ditambahkan, di area Wagos ini ada berbagai peninggalan bersejarah. Disini masih ada situs pengolahan gerabah, kubur kuno Tugaran, dan prasasti Goa Butulan yang terletak di atas bukit kapur Gosari Keberadaan Kolam Bidadari. Disini juga disediakan beberapa spot swa foto dan video.

Sumber : klikjatim.com

Related Posts

Leave A Comment