TRADISI PASAR BANDENG DAN BANDENG KAWAK GRESIK 2022

Pasar Bandeng Gresik juga merupakan salah satu tradisi turun-temurun saat Ramadan. Bahkan, disebutkan sudah sejak zaman Sunan Giri. Pasar Bandeng adalah rangkaian dari tradisi malam selawe.TradisiPasarBandengdimulaisekitar abad-15 olehSunanGiri, WaliSongo yang menyebarkan agama Islam di Kota Gresik.

Diceritakan, awalnya malam selawe adalah malam sowan para santri ke Kanjeng Sunan Giri di Giri Kedaton. Sebelum pulang kampung, mereka berpamitan ke Sunan Giri. Setelah itu, mereka Qiyamul Lail atauberburu malam Lailatul Qadar. Tradisi tersebutmasihdilestarikan hingga kini.

Dalam catatan sejarah, pada zaman Sunan Giri saatitu, kondisi perekonomian masyarakat di wilayah Gresik masih kekurangan. Melihat hal tersebut, Sunan Giri mengajak masyarakatuntuk membudidayakan ikan bandeng. Lalu, mulai membuka pasar bandeng. Harapannya, pasar itu bisa memperbaiki perekonomian masyarakat Gresik.Hinggakini, masyarakatmasihmelestarikanbudayapasarbandengsebagaisalahsatuwarisanSunanGiri. TradisiPasarBandengbiasanyadiadakanpadamalam ke-29 bulanRamadhandisekitaranAlun-AlunGresik untukmenyambutHari Raya IdulFitri.Pada tahun 2022ini, pasar bandengdiadakan pada tanggal 28 sampai 30 April yang digelar disepanjang jalan Gubernur Suryo, Samanhudi, sampai jalan HOS Cokroaminoto dan Raden Santri.

Pasarbandengbukansekedarsebuahtempatdimana orang dapatmenjualdanmembeliikanbandeng.Lebihdariitu, PasarBandengseperti festival meriah. Padamalamtersebut, diadakanlelangikanbandengsecarabesar-besarandanperlombaanukuranikanbandengdenganhadiahmencapaijutaan rupiah.PasarBandengbiasanyadihadiriolehbanyakwargaKota Gresikdankotasekitar. Banyakpedagang juga memanfaatkanmomeniniuntukberjualan.Kuranglebihsebanyak 732 pedagangdan UMKM turutberpartisipasidalam acara tersebut. Padatahun 2022 kali ini, Bandengseberat 18,04 Kgdanpanjangmencapai 82 cmmenjadipemenangdalamkontesbandengkawak 2022, milikpetanitambakSyaifullah Mahdi wargasumberSuci, PangkahWetan, KecamatanUjungpangkah, Gresik.

Related Posts

Leave A Comment