OPTIMALISASI PEMASARAN DALAM RANGKA REAKTIVASI SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN GRESIK

Berbagai usaha dilakukan untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia, terutama di Kabupaten Gresik. Untuk itu Kepala Disparekrafbudpora khususnya di bidang pariwisata mengadakan Focus Group Discussion ( FGD) kepada pengelola data kunjungan wisata online (Dakuwison). Adapun dam FGD tersebut membahas tentang optimalisasi pemasaran dalam rangka upaya reaktivasi sektor pariwisata. Pertemuan yang dihadiri empat narasumber anggota DPRD Komisi II yaitu  Hj. Siti Fatimah, S.Pd dan Hj. Lilik Hidayati,S.E, M.M., sedangkan narasumber professional Agus Muhammad Maksum, S.Si dan Hidayat Aryo W.,S.Si, M.M. Membahas langkah-langkah yang dilakukan untuk mereaktivasi sektor pariwisata di Kabupaten Gresik dengan menggunakan beberapa strategi pemasaran pariwisata antara lain :

1. Strategi menarik wisatawan, yaitu cara atau upaya yang harus dilakukan agar dapat menarik wisatawan untuk dating ke suatu daerah tujuan wisata sebanyak mungkin.
2. Strategi menahan wisatawan, yaitu cara atau upaya yang dilakukan untuk menahan atau memperpanjang masa kunjungan wisatawan pada suatu daerah tujuan wisata.
3. Strategi memuaskan atau mengesankan wisatawan,yaitu cara atau upaya yang dilakukan agar para wisatawan yang berkunjung ke Gresik dapat merasa aman dan nyaman serta mempunyai kesan yang baik.

Terakhir, dengan upaya maksimal dari PemerintahDaerah, dan segenap stakeholder terutama peran aktif segenap masyarakat Gresik kita yakin di masa mendatang Gresik akan menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang diperhitungkan di Jawa Timur maupun Nasional yang mampu memberikan andil besar dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam rangka peningkatan pembangunan di Kabupaten Gresik, meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi serta demi mewujudkan Gresik yang lebih baik.

Related Posts

Leave A Comment